PESERTA DISABILITAS SALURKAN ASPIRASI LEWAT MUSRENBANGKEL

  • Jan 16, 2024
  • Choirul Anam Fatur Rohman
  • SOSIAL

          KOTA PROBOLINGGO KEC. KADEMANGAN - Terlihat nuansa baru pada tahun 2024 ini, Kelurahan Kademangan kembali melakukan forum pengusulan anspirasi melalui kegiatan Musrenbang ( Musyawarah Rencana Pembangunan ) tingkat Kelurahan untuk tahun 2025. Forum Musrenbang ini menyongsong dengan tema “ Peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemandirian melalui penguatan ekonomi inklusif yang didukung pemenuhan infrastruktur “. ( Selasa, 16/01/2024 )

          Hal yang baru pada kehadiran peserta forum musrenbang yakni keterlibatan oleh perwakilan kelompok renta ( Disabilitas ). Ada 2 orang perwakilan peserta undangan dari kelompok rentan ( disabilitas ). Kedua orang tersebut dari disabilitas netra yang bernama Arizky Perdana dan Ayu Sukmawati. Tidak hanya itu peserta lain turut serta menghadiri forum musrenbang seperti perwakilan UMKM, karang taruna, pendamping sosial, kader posyandu, forum anak. Serta yang lebih kehadiran dari OPD Kota Probolinggo terlibat dalam proses forum musrenbang tingkat kelurahan. Sebelum terlaksananya kegiatan musrenbang ini pihak kelurahan sudah mengumpulkan ketua RW untuk memberikan pengarahan kamus musrenbang sebagai dasar pengajuan usulan dari warga setempat. Hal tersebut disampaikan oleh Lurah Kademangan, Bagus Prasetyo dalam sambutannya.

          “ Kita bertemu kedua kalinya bersama bapak dan ibu dalam rangkaian acara musrenbang. Paling tidak kita sudah melaksanakan pra musrenbang dan membahas tentang rencana usulan musrenbang pada tahun 2025 ini. Alhamdulillah sudah terkumpul usulan yang disampaikan oleh masyarakat Kelurahan Kademangan. “ ujarnya.

          Proses sesi diskusi dibagi menjadi 3 kelompok yakni bagian Ekonomi, PPM Kesra dan infraswil. Pada pembagian diskusi kelompok ini peserta undangan terbagi sesuai dengan ketentuan dengan tujuan untuk membahas dan validasi usulan dari masyarakat yang sudah ditampung oleh pihak kelurahan. Adapaun pihak perwakilan dari disabilitas, Arizky Perdana memberikan respon tambahan usulan kepada sektor bagian kelompok infraswil berupa usulan mengenai pembanguna saran yang aksesibilitas di kelurahan sehingga menjadi kemudahan bagi masyarakat khususnya kelompok rentan ketika datang mengurusi sesuatu ke pelayanan Kelurahan.

 

( Foto : Kegiatan Aktivitas Proses Musrenbang Tingkat Kelurahan )