POKMAS SRIKANDI GELAR PROGRAM GERAKAN DASHAT

  • Aug 13, 2024
  • Choirul Anam Fatur Rohman
  • SOSIAL

       KELURAHAN KADEMANGAN – Tak pernah lelah untuk berjuang pencegahan dan penurunan stunting di wilayah Kelurahan Kademangan, Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. Melalui sektor bidang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan ( LKK ) Kelompok Masyarakat yang bernama Pokmas Srikandi telah sukses menyelenggarakan kegiatan acara dengan tema “ Desiminasi Gerakan DASHAT ( Dapur Sehat Atasi Stunting ) Dalam Rangka Pencegahan Dan Penuruan Stunting. “ ( Selasa, 13/08/2024 )

     Pada gelar kegiatan tersebut bertempat di Ombass Cafe Kota Probolinggo. Kelompok Masyarakat ( Pokmas Srikandi ) turut serta menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Probolinggo yang berkonsentrasi pada penanganan kasus stunting berupa sektor nutrisi dan kesehatan balita. Tidak hanya itu hadir juga tamu undangan yakni Camat Kademangan, Perangkat Kelurahan, Mahasiswa/i KKN Kampus UPM Probolinggo, 7 Orang Kader Posyandu dan Peserta 27 Orangtua Balita.

      Di awali dengan penyampaian laporan kegiatan pada pembukaan acara oleh Lurah Kademangan ( Bapak Bagus Prasetyo ) yakni ada banyak hal upaya yang perlu dilakukan dalam pencegahan dan penurunan stunting khususnya di Kelurahan Kademangan salah satunya kegiatan program gerakan DASHAT. “ Terkait gerakan penanganan stunting dan pada hari ini ada beberapa kegiatan yang perlu kita lakukan di Kelurahan Kademangan terkait penyelenggaraan kegiatan pagi ini. Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka memberikan pemahaman tentang pencegahan dan penurunan stunting kepada masyarakat. “ pungkas Bagus Prasetyo ( Lurah Kademangan )

        Dilanjutkan langsung penyampaian materi oleh narasumber Bu. Riska Tri Rahmawati S.Gz. ( Penyuluh Nutrisi ) Dinas Kesehatan Kota Probolinggo tentang edukasi gizi melalui dapur sehat atasi stunting ( DASHAT ). Beliau menyampaikan beberapa poin penting yakni penjelasan kriteria pemberian makan bayi dan anak ( PMBA ), pemberian MP-ASI bagi bayi, kebutuhan protein hewani dan PMT bahan lokal bagi balita. Sejumlah puluhan peserta undangan mencermati materi yang disampaikan oleh narasumber yang bertujuan untuk mengetahui kebutuhan makanan demi kesehatan balita.

         Tentunya kegiatan gerakan DASHAT ini mampu diterapkan oleh peserta undangan khususnya bagi orantua yang mempunyai balita agar dapat turut andil dalam pencegahan dan penurunan stunting serta balita tetap kondisi sehat. Itulah harapan masyarakat Kelurahan Kademangan......

 

( Foto : Desiminasi Gerakan Dapur Sehat Atasi Stunting/DASHAT )