SINERGITAS PENANGANAN STUNTING KEL. KADEMANGAN BERSAMA MAHASISWA KKN UPM PROBOLINGGO

  • Jul 30, 2024
  • Choirul Anam Fatur Rohman
  • SOSIAL

KELURAHAN KADEMANGAN – Cuaca cerah menyeliputi lingkungan alam di sekitar Pendopo Kelurahan Kademangan Kecamatan Kademangan. Tidak hanya itu lokasi tersebut menjadi tempat perdana bagi kegiatan mahasiswa KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) Mahasiwa/i Angkatan 2024 Kampus UPM ( Universitas Panca Marga ) Probolinggo. Turut hadir sejumlah peserta pada kegiatan tersebut terdiri diri 26 Mahasiswa/i KKN, 5 Kader Posyandu, Perangkat Kelurahan, Rektor Kampus UPM, LPPM Kampus UPM dan Narasumber BKKBN Provinsi Jawa Timur.

            Pada rangkaian kegiatan penbekalan pengabdian kepada masyarakat yang bertema “ Pendampingan Percepatan Penurunan Angka Stunting Kota Probolinggo. “ melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ( LPPM ) Kampus UPM Probolinggo bekerja sama dengan BKKBN Provinsi Jawa Timur untuk membantu memberikan sosialisasi pencegahan angka stunting di wilayah Kelurahan K.ademangan. Dalam hal itu pada pembukaan acara Bapak Bagus Prasetyo ( Lurah Kademangan ) mengawali sambutannya dengan menyampaikan kondisi yang terjadi di lingkungan Kelurahan Kademangan yang berkaitan dengan angka stunting. Pada tahun 2022 Kelurahan Kademangan menjadi lokus stunting dari 7 lokasi Se-Kota Probolinggo. Adanya program pemerintah berkaitan penanganan stunting di Tahun 2023 sehingga angka stunting di wilayah Kelurahan Kademangan mencapai penurunan. “ Kami menginformasikan bahwa Kelurahan Kademangan dengan ini di tahun 2022 adalah lokus stunting. Ada 7 wilayah Se-Kota Probolinggo yang lokus stunting.  Dan alhamdulilah karena program itu di tahun 2023 ada penanganan yang luar biasa sampai angka stunting turun dan di tahun 2023 tidak lagi Kelurahan Kademangan menjadi stunting. “ pungkas Bagus Prasetyo ( Lurah Kademangan ).

            Dilanjutkan penyampaian materi oleh Narasumber BKKBN Provinsi Jawa Timur Bapak Toma. Beliau memberikan ulasan materi berkaitan dengan penjelasan gambaran umum tentang kasus terjadinya stunting meliputi indikator penyebab angka stunting dan cara atau metode penanganan stunting. Penyampaian materi tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada kalangan Mahasiswa/i KKN Kampus UPM Probolinggo dan peserta perwakilan dari Kader Posyandu Kelurahan Kademangan agar memperoleh bekal manfaat ilmu yang nantinya diterapkan di masing-masing tempat tinggal kalangan mahasiswa/i.

            Suatu harapan penuh khususnya untuk wilayah Kelurahan Kademangan dengan bentuk kegiatan sosialisasi penanganan angka stunting ini terus dijadikan pelopor program demi menumbuhkan kesadaran bagi kalangan anak muda dan masyarakat umum sekitarnya agar tetap menjaga dan mencegah kasus angka stunting.

 

( Foto : Sosialisasi Pendampingan Percepatan Penurunan Angka Stunting )